Lidah Tinta

Ikon

Saatnya tinta bersuara lebih lantang dari suara senjata

NASIHAT

Oleh Herman RN

Suatu hari Apa Teulah yang suka mengikuti perkembangan berita sedang menonton tivi. Di layar kaca Toshibanya itu sedang disiarkan tentang kecelakaan kapal KM Levina 1.Banyak wartawan dari media cetak dan elektronik meliput berita tersebut. Disiarkan bahwa ada beberapa wartawan media mengalami kecelakaan saat meliput kapal yang nyaris tenggelam saat itu, diantaranya ada yang meninggal tenggelam bersama kapal. Menurut berita, wartawan itu memasuki daerah garis kuning yang dibubuhi polisi, padahal polisi sengaja menggariskuningkan kawasan itu sebagai tanda berbahaya. Parawartawan menganggap dirinya sebagai wartawan yang berhak untuk masuk kawasan garis kuning. Tentunya mereka berpikir garis kuning itu hanya larangan bagi pihak yang tak berkepentingan, sedangkan mereka memiliki kepentingan, yakni meliput. Maka masuklah wartawn-wartawan hero tadi ke
sana. “Apes menimpa nasib wartawan. Beberapa kamerawan TV suwasta mengalami kecelakaan.
Ada yang belum ditemukan mayatnya sampai saat ini,” ujar reporter salah satu stasiun TV. Apa Teulah yang sedang menikmati siaran itu langsung memanggil istrinya. “Munah, kajak keunoe ilee!” Begitu Maimunah tiba di ruang tengah, Apa Teulah berkata, “Itulah kamu, kamu harus dengar nasehat suami. Siapa pun yang tidak mendengar nasehat atau larangan orang, dia pasti tertimpa musibah. Contohnya orang-orang tukang soting tivi itu. Polisi sudah membuat garis larangan. Garis itu nasehat agar jangan masuk kawasan berbahaya. Dia soksok masuk juga. Itulah Munah, dalam hidup ini harus hati-hati. Ingat pesan orang tua-tua, Jeut-jeut uteun pasti na rimuong, jeut-jeut kruong pasti na buya. Tadeungoe haba teungku Imum, beuna tapatéh haba peneugah,” Ujar Apa Teulah panjang lebar pada istrinya. Maimunah beungong sendiri sambil mengangguk-ngangguk.

Iklan

Filed under: Haba-haba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

TABIK

Pembaca yang budiman, tidak dilarang mengutip tulisan dari web blog ini, baik seluruh maupun sebagian. Harapan kami, jangan lupakan sumbernya. Senang kami jika ada komentar ditinggalkan, apa pun bentuknya. Diskusi lebih lanjut dilayani di pelangijantan@gmail.com Terima kasih.

PO TULEH

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 2.399 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: