Lidah Tinta

Ikon

Saatnya tinta bersuara lebih lantang dari suara senjata

Meusyén

Herman RN

 

 laut-kelam.jpg

Suatu hari, Apa Teulah membaca koran di Harian lokal. Di sana tertulis, “Empat remaja memperkosa seorang siswi SMP secara bergiliran. Hal itu terjadi karena mereka keseringan nonton film porno, sebut berita.

Apa Teulah geleng-geleng kepala seraya istighfar. “Nyan, Minah, Ada ke lihat?! Inilah akibat suka menonton yang bukan-bukan, terus jadi ingin meniru. Kureung haja! (kurang ajar!)” hentak Apa Teulah. 

“Memalukan sekali ya, Cutbang? Terus, pelakunya dihukum ya, Cutbang?”

“Ya, dihukumlah. Makanya jangan suka meniru adegan orang buat, akhirnya jadi melarat. Endatu kan sudah bilang, jangan suka meusyén (rindu) pekerjaan orang. Tidak bagus. Buet gob bèk tarindu, meukeumat iku han ék tahhila (Pekerjaan orang jangan dirindu, tersangkut ekor, tidak sanggup kita hila),” tukas Apa Teulah masih dengan suara lantang. 

“Ada lagi, Cutbang, beberapa hari kemarin, koran juga memberitakan kalau empat pemuda mengaku sebagai WH menyuruh dua pemuda melakukan zina. Karena keduanya tidak mau, si perempuan diperkosa. Ini lebih kurang ajar lagi, Cutbang.

“Entahlah Minah. Sangat banyak orang yang suka ikut campur urusan orang lain sekarang, sampai-sampai tidak tahu lagi mana yang baik, mana yang buruk,” suara Apa Teulah melemah.

“Benar, Cutbang. Seharusnya kalau memang dia berbuat salah, dibawa saja ke pihak yang berwajib, tak usah sok-sok mengahikimi, lalu memperkosa. Saya juga ingat pesan Nektu kita, Bak gob meupaké bèk gata pawang, bak gob meuprang bèk gata panglima (Orang berkelahi, jangan Anda wasit, orang berperang, jangan Anda sok jadi panglima),” imbuh Maimunah.

Caröng syit agoe gata, Minah (Pintar juga rupanya kamu, Minah).”

“Istri siapa dulu???” balas Minah sambil berlalu ke dapur.

Iklan

Filed under: Haba-haba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

TABIK

Pembaca yang budiman, tidak dilarang mengutip tulisan dari web blog ini, baik seluruh maupun sebagian. Harapan kami, jangan lupakan sumbernya. Senang kami jika ada komentar ditinggalkan, apa pun bentuknya. Diskusi lebih lanjut dilayani di pelangijantan@gmail.com Terima kasih.

PO TULEH

TWITTER SAYA

  • @tirtadaroy_bna yang baik, kenapa setiap Sabtu-Minggu air di sepanjang Jl. Prof. Ali Hasjmy mati total? Apakah ada batasan kubik pemakaian? 2 weeks ago

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 2.388 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: