Lidah Tinta

Ikon

Saatnya tinta bersuara lebih lantang dari suara senjata

KONGRES

Herman RNBakar Ikan

Apa Teulah sedang duduk-duduk di serambi rumahnya, tiba-tiba dia mendengar suara sirene panjang. Semula, bunyi yang berasal dari reo dan mobil patroli keamanan yang melintas di gampôngnya, itu dikira Apa Teulah karena ada perampok bersenjata. Maklum, gampông Apa Teulah memang sedang rawan perampok. Apalagi, perampok dengan motif membocorkan ban mobil, itu memang sedang hangat jadi pembicaraan orang gampông dan media.

“Tentara-tentara itu dikirim ke sini untuk mengamankan gampông kita, Ampon,” jelas Apa Ta’ak menjawab kebingungan Apa Teulah.

“Gampông kita kan memang sudah aman sejak 15 Agustus 2005, kemanan apalagi. Apa pemerintah pusat tidak percaya kalau gampông kita memang sudah aman?” sahut Apa Teulah kesal.

“Nanti dulu, Ampon. Jangan esmosi, eh… maksudku, emosi,” Apa Ta’ak menenangkan Apa Teulah. “Mereka semua ditugaskan untuk mengamankan gedung Dayan Dawood dan Hermes Hotell, karena wakil presiden akan datang ke sini untuk membuka kongres saudagar se-Aceh,” ujar Apa Ta’ak.

“Apa?! Kongres saudagar? Hahaha… macam-macam saja.”

“Jangan Ampon tertawakan. Ini semua demi pedagang-pedagang di Aceh. Mereka adakan kongres untuk menjawab segala keresahan pada pedagang di Aceh.”

Apa Teulah angguk-angguk kepala. “Ya, semoga saja kongres itu berhasil dan memberikan sesuatu bermanfaat bagi rakyat Aceh,” Apa Teulah diam sejenak.

Nyan Ta’ak na, kongres nyan adak jeut bèk asai meugumpôi mantoeng (Kongres ini kalau kalau bisa Ta’ak, jangan hanya duduk berkumpul). Bak utôh geuyue ceumuelék, bak lisék geuyue keumira (Yang sempurna suruh melukis, yang lihai suruh menghitung). Bèk tameutarôh bak leumo bukông, bèk tameusabông bak manok buta (Jangan bertaruh untuk lembu tidak bertanduk, jangan menyabung dengan ayam buta),” lanjut Apa Teulah.

“Masalah itu, Ampon, baiknya langsung saja Ampon katakan sama yang duduk-duduk di kursi meugabôh (berbusa) sana. Aku mana bisa bicara kayak Ampon itu. Aku kan cuma rakyat papa biasa.”(*)

Iklan

Filed under: Haba-haba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

TABIK

Pembaca yang budiman, tidak dilarang mengutip tulisan dari web blog ini, baik seluruh maupun sebagian. Harapan kami, jangan lupakan sumbernya. Senang kami jika ada komentar ditinggalkan, apa pun bentuknya. Diskusi lebih lanjut dilayani di pelangijantan@gmail.com Terima kasih.

PO TULEH

TWITTER SAYA

  • @tirtadaroy_bna yang baik, kenapa setiap Sabtu-Minggu air di sepanjang Jl. Prof. Ali Hasjmy mati total? Apakah ada batasan kubik pemakaian? 2 weeks ago

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 2.388 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: