Lidah Tinta

Ikon

Saatnya tinta bersuara lebih lantang dari suara senjata

>>RASEUKI

Haba-Haba Herman RN

KelapaHari ini Apa Teulah merasa heran terhadap koran-koran langganan yang sampai di rumahnya. Rata-rata berita di koran itu menceritakan tentang kebijakan Pemerintah Aceh yang bekerja sama dengan investor dari negara asing. Dalam berita itu, ada yang setuju, ada pula yang tidak sepakat dengan kebijakan gubernur. Pasalnya, investor itu berasal dari negara yang bukan beragama Islam. Apa Teulah sendiri hanya bisa asék asék ulèe sembari sesekali berdesis kecil.
“Apalagi Cutbang ini, belum habis koran yang satu, sudah diambil koran yang lain. Terus, berdecak pula seperti orang memanggil kucing,” ujar Maimunah, istri Apa Teulah yang heran melihat tingkah suaminya.
“Aku sedang mencari berita yang sama, Munah,” sahut Apa Teulah.
“Berita yang sama bagaimana, Cutbang?”
“Berita tentang kerja sama gubernur kita dengan investor Yahudi. Aku lihat ada koran yang memuat berita tentang ketidaksetujuan terhadap kebijakan gubernur, tapi ada juga yang setuju.”
“Terus apa hubungannya?” tanya Maimunah lagi.
“Itulah ke, tidak tahu apa-apa. Aku mau lihat berapa banyak yang tidak setuju dan berapa banyak yang setuju,” jawab Apa Teulah.
Maimunah mengangguk-anggukkan kepala. “Tapi, Cutbang, menurut Cutbang sendiri bagaimana tentang sikap gubernur itu?” tanya Maimunah ingin tahu isi hati suaminya.
“Munah, kalau aku lebih baik mendengar kata Indatu kita.”
“Maksud Cutbang?”
“Indatu kita pernah bilang mengenai mencari rezeki, tapatéh haba kitab
u tupèe kab h’an meuteumèe rasa, h’an tapatéh haba kitab,meukh’ab-kh’ab lam apui nuraka.”
“Jadi, Cutbang setuju dengan gubernur?”
“Ke terjemahkan sendiri kata Indatu tadi. Yang harus diketahui, tameutani beuna saba, tameukat ta mita laba, taibadat ta meujaga, tahudép ta meuagama. Masalah rezeki, Allah bri Allah böh, yang penting adalah bèek teupat lagèe lue, ceumeucue lagèe kilat, ‘oh meukeumat iku, h’an jituri lé rakan ngon sahbat,” Ucap Apa Teulah.(*)

Iklan

Filed under: Haba-haba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

TABIK

Pembaca yang budiman, tidak dilarang mengutip tulisan dari web blog ini, baik seluruh maupun sebagian. Harapan kami, jangan lupakan sumbernya. Senang kami jika ada komentar ditinggalkan, apa pun bentuknya. Diskusi lebih lanjut dilayani di pelangijantan@gmail.com Terima kasih.

PO TULEH

TWITTER SAYA

  • @tirtadaroy_bna yang baik, kenapa setiap Sabtu-Minggu air di sepanjang Jl. Prof. Ali Hasjmy mati total? Apakah ada batasan kubik pemakaian? 2 weeks ago

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 2.388 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: