Lidah Tinta

Ikon

Saatnya tinta bersuara lebih lantang dari suara senjata

Sebuah Kepastian

Allah selalu punya rahasia. Ia punya cara yang tak terhitung bintang di langit maupun butiran pasir di pantai untuk menegaskan suatu kepastian di dunia ini maupun untuk akhirat. Bahkan, jika Allah sudah berkehendak memastikan suatu putusan atas hamba-Nya, tak seorang pun sanggup mempercepat, pula tak sesiapa mampu memperlambat.

Mulanya kuniatkan untuk meugang di rantau, Banda Aceh. Kuberi pilihan kepada kakak dan adik saja yang pulang kampung, ‘menjemput’ Ramadan penuh berkah bersama kedua orangtuaku. Kujelaskan berbagai alasan untuk bertahan di Ibukota Provinsi Syariat Islam ini kepada kedua orangtua. Beliau pun menerimanya dan memakluminya.

Sungguh, manusia punya rencana, Allah pemilik kuasa. Kemarin, kakakku terpaksa memutar haluan ke arah parit demi menghindar dari sebuah mobil. Ia selamat dengan tulang paha terkilir. Aku masih berpikir, itu kepastian dari Tuhan, bukan panggilan agar aku pulang.

Hari ini, Kamis, 27 Juli 2011, selepas asar, giliran bibi yang tersenggol sebuah mobil. Mulanya ia dilarikan ke Puskesmas Kecamatan Kandang, Aceh Selatan. Dari sana, ia dirujuk ke Rumah Sakit Kabupaten.

Kabar tentang musibah bibi terdengar oleh ibunya, adik dari nenekku yang juga kusapa “Nek Lot”. Sapaan Nek Lot karena beliau nenek termuda dari keluarga. Postur Nek Lot lebih sehat dari kakak-kakaknya. Namun, kepastian panggilan Tuhan tidak pernah menimbang raga, pula tidak mengamati sesiapa adik siapa atau siapa sedang apa.

Itulah berlaku padanya, Nek Lot. Sock mendengar perihal tersenggolnya bibi yang padahal tak begitu parah, darah tinggi Nek Lot kumat. Tak sempat berbilang jam, Nek Lot pun harus menghembuskan napas terakhir. Innalillahiwainnailaihirajiun…

Siapa dapat menebak, kakak yang masuk parit, bibi yang tertabrak, ternyata nenek yang harus pergi meninggalkan suami dan anak. Sungguh, kun fayakun adalah kepastian yang benar-benar pasti. Sebuah kepastian pula yang mengantarkan aku harus pulang kampung halaman besok hari.

Dalam hati terbersit tanya, apakah esok hari adalah rencanaku pulang ke kampung halaman akan berubah menjadi pulang ke hadapan Tuhan?

Sebuah tanya yang pasti tapi tidak pernah diketahui kapan pastinya. Yang pasti, jika awal rencana menjemput puasa tahun ini sendiri, bilamana benar jadi pulang kampung esok hari, berarti hari pertama Ramadan tahun ini aku tetap bersama orangtua dan sanak family. Namun, sekali lagi, jika kepulangan esok hari adalah rencana Ilahirabbi, sesungguhnya pula pertemuan dengan-Nya aku rindu, walau tersimpan kecut di hati, apakah aku sudah siap dengan amal dan bersih hati?

Ya Allah, kepada-Mu aku berlindung. Jika masanya kita bertemu, mohon jangan palingkan wajah-Mu dariku sehingga hangus semua salah dan dosa dalam diriku. Kepada-Mu aku berlindung dari segenap ujian dan cobaan menjelang Ramadan tahun ini dan tahun-tahun berikutnya.

Untuk yang membaca, mohon maafkan semua salah, silap, dan alpaku. Semoga di antara kita tidak tersangkut utang di yaumul mahsya. Amin…

Ulee Kareng, 27 Juli 2011

Markas RN PELANGI

Menyelesaikan tulisan ini, hatiku masih bertanya, apakah Tuhan yang memanggilku untuk pulang ke “pulang” sesungguhnya… tiket L300 itu sudah kupesan.

Iklan

Filed under: Kabar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

TABIK

Pembaca yang budiman, tidak dilarang mengutip tulisan dari web blog ini, baik seluruh maupun sebagian. Harapan kami, jangan lupakan sumbernya. Senang kami jika ada komentar ditinggalkan, apa pun bentuknya. Diskusi lebih lanjut dilayani di pelangijantan@gmail.com Terima kasih.

PO TULEH

TWITTER SAYA

  • @tirtadaroy_bna yang baik, kenapa setiap Sabtu-Minggu air di sepanjang Jl. Prof. Ali Hasjmy mati total? Apakah ada batasan kubik pemakaian? 2 weeks ago

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 2.388 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: