Lidah Tinta

Ikon

Saatnya tinta bersuara lebih lantang dari suara senjata

8 Juni, Penyelundupan Senjata ke Aceh dengan Seulawah 001

Herman RN

[atjehpost.com]

SEJARAH telah membuktikan, Seulawah RI-001 bukan hanya sebagai pesawat angkut pertama di Indonesia. Pesawat sumbangan Aceh untuk Indonesia itu juga sempat berfungsi untuk menyelundupkan berbagai jenis senjata ke Aceh.

Inilah tugas rahasia Seulawah RI-001. Kecuali senjata, dalam pesawat itu juga disisipi amunisi dan alat komunikasi. Alat-alat itu diselundupkan dari Burma ke Aceh, dengan satu kode melalui pesan radio. “….Pintu rumah Blangkejren sudah selesai, tetapi membawa minuman sendiri….” Begitu kode yang diucapkan oleh Opsir Udara (OU) Wiweko Soepono, kala itu.

Kalimatitu sebenarnya memiliki maksud “Senjata sudah siap diangkut dan mendarat di Blang Bintang dengan membawa bensin udara sendiri”. Misi rahasia itu memang dipimpin oleh Wiweko Soepono. Misi yang telah sukses itu sangat membawa keberuntungan bagi pejuang Aceh.

Seulawah mendarat mulus pada malam hari di Blang Padang dengan panduan cahaya obor dan lampu mobil ke landasan. Peristiwa penting ini terjadi pada 8 Juni 1949. Senjata yang diselundupkan jenis Brend Inggris. Tidak lama berselang, penyelundupan senjata kembali dilakukan dengan Seulawah RI-001.

Penyelundupan kali ini, pendaratan dilakukan di Lhoknga.
Senjata yang dibawa adalah Brend Inggris 6 buah, cadangan laras senjata 150 pucuk dan amunisi. Penyelundupan yang kedua ini pun dilakukan pada malam hari.

Selain dari pada tugas komersil dan penyelundupan senjata, pesawat yang disumbangkan lewat pengumpulan harta pribadi rakyat Aceh ini juga mengantar Indonesia berhasil menembus blokade tentara pendudukan kolonial. Seulawah RI-001 inilah yang juga membawa tokoh-tokoh bangsa ke dunia Internasional untuk membangun dan menjalin hubungan internasional.[]

Iklan

Filed under: Feature

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

TABIK

Pembaca yang budiman, tidak dilarang mengutip tulisan dari web blog ini, baik seluruh maupun sebagian. Harapan kami, jangan lupakan sumbernya. Senang kami jika ada komentar ditinggalkan, apa pun bentuknya. Diskusi lebih lanjut dilayani di pelangijantan@gmail.com Terima kasih.

PO TULEH

TWITTER SAYA

  • @tirtadaroy_bna yang baik, kenapa setiap Sabtu-Minggu air di sepanjang Jl. Prof. Ali Hasjmy mati total? Apakah ada batasan kubik pemakaian? 2 weeks ago

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 2.388 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: