Lidah Tinta

Ikon

Saatnya tinta bersuara lebih lantang dari suara senjata

Sejarah 18 Juni, Republik Mesir Dideklarasikan

oleh Herman RN

[atjehpost.com, 18 Juni 2012]

HARI ini, 18 Juni merupakan hari penting bagi Republik Mesir. Betapa tidak, tahun 1953 silam, pada hari dan bulan yang sama dengan saat ini, Mesir mendeklarasikan negaranya sebagai republik.

Sebelumnya, Mesir masih berbentuk kerajaan. Kerajaan Mesir adalah negara Mesir modern pertama yang ‘merdeka’ dari Pemerintah Britania. Mesir berdiri sebagai kerajaan pada tahun 1922. Sultan Fuad I menjadi raja pertama negara ini.

Kerajaan ini dihantui oleh korupsi. Penduduk Mesir melihat Kerajaan Mesir sebagai boneka Britania. Ditambah dengan kekalahan Mesir dalam perang melawan Rezim Zionis tahun 1948, rakyat mulai tidak percaya pada rajanya. Saat itu, Kota Para Nabi tersebut dipimpin oleh Raja Faruq.

Di tengah situasi Mesir yang kacau tersebut, sekelompok tentara Mesir mendirikan organisasi rahasia yang menentang infiltrasi Inggris dan sistem kerajaan di Mesir. Organisasi ini berdiri pada tahun 1952. Pimpinan pertamanya adalah Jenderal Muhammad Najib dan Gamal Abdul Naser.

Di bawah kepemimpinan Najib dan Naser, sekelompok massa mengadakan kudeta dan memaksa Raja Faruq mengundurkan diri. Dengan demikian, Raja Faruq adalah raja terakhir di Kota Piramid itu.

Raja Faruq dan keluarganya kemudian diasingkan. Setahun kemudian, 18 Juni 1953, Republik Mesir dideklarasikan. Jenderal Muhammd Najib diangkat sebagai presiden pertama. Setahun kemudian, dia disingkirkan oleh Gamal Abdul Naser yang memerintah hingga tahun 1970.[]dbs

Iklan

Filed under: Essay

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

TABIK

Pembaca yang budiman, tidak dilarang mengutip tulisan dari web blog ini, baik seluruh maupun sebagian. Harapan kami, jangan lupakan sumbernya. Senang kami jika ada komentar ditinggalkan, apa pun bentuknya. Diskusi lebih lanjut dilayani di pelangijantan@gmail.com Terima kasih.

PO TULEH

TWITTER SAYA

  • @tirtadaroy_bna yang baik, kenapa setiap Sabtu-Minggu air di sepanjang Jl. Prof. Ali Hasjmy mati total? Apakah ada batasan kubik pemakaian? 2 weeks ago

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 2.388 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: