Lidah Tinta

Ikon

Saatnya tinta bersuara lebih lantang dari suara senjata

7 Juli, Lahirnya Putra Aceh yang Jadi Dubes untuk AS

NAMANYA Syarief Thayeb. Kecuali dikenal sebagai TNI-AD purnawirawan berpangkat letnan jenderal, ia adalah seorang pejabat penting dalam Pemerintahan Indonesia masa Soeharto.

Profesor ini lahir di Aceh, tepatnya di Peureulak, pada 7 Juli 1920 dan tutup usia pada 1989. Thayeb sempat menduduki posisi Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat selama tiga tahun (1971-1974). Gelar kehormatan pun dia raih dalam jenjang karirnya.

Seusai melepas jabatan Dubes untuk AS, ia dipercayakan menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nasional RI tahun (1974-1978). Thayeb menggantikan Sumantri Brodjonegoro. Jabatan terakhirnya adalah Anggota Dewan Pertimbangan Agung.

Sebelum itu, Thayeb sempat menduduki posisi Direktur Rumah Sakit Umum Jakarta (1961-1962), Rektor Universitas Indonesia (1962-1964), Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (1964-1966), dan wakil ketua DPR-GR (1966-1972). Semasa menjabat Rektor UI, Thayeb membuka Fakultas Teknik di perguruan tinggi tersebut dengan Surat Keputusan Nomor 76 tanggal 17 Juli 1964.

Karirnya semakin berkembang di mata internasional menjelang akhir tahun 1970-an. Ia sempat dipercayakan sebagai Presiden Chairman of SEAMEC Conference pada 1977. Dilihat jenjang pendidikannya, ia sekolah pada Ika Dai Gaku Jakarta (Sekolah Tabib Tinggi), lalu dilanjutkan pada Harvard Medical School, Boston, Amerika Serikat. Gelar Ph.D ia perolah pada Mindanao University, Filipina.[]wiki

Iklan

Filed under: Memory

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

TABIK

Pembaca yang budiman, tidak dilarang mengutip tulisan dari web blog ini, baik seluruh maupun sebagian. Harapan kami, jangan lupakan sumbernya. Senang kami jika ada komentar ditinggalkan, apa pun bentuknya. Diskusi lebih lanjut dilayani di pelangijantan@gmail.com Terima kasih.

PO TULEH

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 2.400 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: