Lidah Tinta

Ikon

Saatnya tinta bersuara lebih lantang dari suara senjata

Islam Protestan dan Penjelasan Fuad

Kontroversial “Islam Protestan” yang diwacanakan akademisi IAIN Ar-Raniry, Fuad Mardhatillah UY Tiba, terus bergulir, mulai dari ruang diskusi ICAIOS hingga dunia maya facebook. Akhirnya, kami mencoba menanyakan kembali pada Fuad tentang hal tersebut. Berikut petikan wawancara singkat bersama Fuad. Saat dihubungi, ia sedang berada di luar Banda Aceh.

Apa sebenarnya yang Saudara maksudkan dengan Islam Protestan?

Islam Protestan hanya sebuah varian paradigma berpikir keislaman yang dilandasi ajaran dan pesan-pesan transenden revolusi berpikir Islam. Konstruksi pemikirannya berpegang teguh pada prinsip-prinsip kemanusiaan yang adil, merdeka, dinamis, dialektis, relatif, kreatif, produktif, menghargai pluralis, terbuka, pro humanity, pro poor, pro green, dan bertanggung jawab secara sosiologis dan teologis.

Jadi, bukan agama seperti yang dikhawatirkan banyak orang?

Sama sekali bukan. Ini hanya sebuah pemikiran. Prinsipnya diteguhkan menjadi semangat melawan segala bentuk realitas sosial, politik, ekonomi, budaya, dan agama yang bertentangan dengan prinsip-prinsip kemanusiaan yang adil, merdeka, dan sebagainya tadi.

Kapan wacana Islam Protestan mulai muncul?

Pemahaman tentang Islam Protestan sebenarnya sudah meluncur lebih kurang 10 tahun yang lalu. Namun, artikel saya tentang ini baru terbit beberapa tahun lalu dalam Jurnal Kebudayaan Tikar Pandan.

Lantas, alasan Saudara menggunakan istilah protestan?

Pertimbangan saya, karena secara epistemologis ingin menangkap dan menggunakan semangat intriksik dalam kosa kata “protes”. Istilah ini saya adopsi dari bahasa Inggris untuk meneguhkan semangat perlawanan terhadap seluruh penyimpangan dari prinsip-prinsip revolusi Islam. Sekali lagi, tidak ada hubungan dengan tradisi dan substansi yang ada dalam agama Kristen. Sesungguhnya ini sangat amat berbeda.

Landasannya apa?

Islam bukan sekte agama baru. Maka, landasan ide ini untuk menumbuhkan kembali smangat dekonstruksi dan perlawanan yang dulu pernah menjadi ruh perjuangan Nabi Muhammad saw. dalam menghadapi situasi jahiliyah masyarakat Arab saat itu. Semangat profetis inilah yang ingin saya kumpul dan teguhkan kembali dalam Islam.

Agaknya, wacana dan artikel “Islam Protestan” itu banyak ditentang. Bagaimana pendapat Saudara?

Insyaallah saya akan sangat bertanggung jawab pada apa pun bentuk gugatan masyarakat atas apa yang telah saya tulis. Saya setuju, masyarakat bangkitlah, jangan bengong, jangan hanya ‘emang gue pikirin’ tapi berpikirlah. Jangan mudah digiring kiri-kanan. Mari sama-sama kita gunakan akal sehat dan tanpa kekerasan dalam segala bentuk dan jenisnya. Sebenarnya, masyarakat bertanya dan kritis seperti inilah yang saya maksud dalam pemikiran Islam Protestan itu.[] (Herman RN | Atjeh Times, edisi II)

Iklan

Filed under: Feature

4 Responses

  1. emang gue pikirin berkata:

    apakah ada salah dengan islam yang sedang kita anut ini, kenapa harus pake protestan segala,,,, emang nya kamu pikir islam itu sama kek kristen ya, pake protestan segala,,,, anjing lo…..

  2. munafik…dajjal loe anjing,babi,yahudi..

  3. teuoin10 berkata:

    agen penghancuran islam

  4. muhammad rifa berkata:

    islam dlm bhs arab muslim dlm bhs indonesia tetap islam, dlm bhs aceh islam juga, protestan asal kta dari protes anda bilang, kalo tan apa itu artinya.. so buat apa anda cuma protestan saja yg diinggriskn, masak islam tidak di inggriskn.. biar sekalian sebb anda tinggal di negeri kafir,..
    mohon maaf, kebiasaan org kayak anda itu, air yg terjadi anda itu air dari belanda yahudi, indonkan pernah di jjah oleh belanda…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

TABIK

Pembaca yang budiman, tidak dilarang mengutip tulisan dari web blog ini, baik seluruh maupun sebagian. Harapan kami, jangan lupakan sumbernya. Senang kami jika ada komentar ditinggalkan, apa pun bentuknya. Diskusi lebih lanjut dilayani di pelangijantan@gmail.com Terima kasih.

PO TULEH

TWITTER SAYA

  • @tirtadaroy_bna yang baik, kenapa setiap Sabtu-Minggu air di sepanjang Jl. Prof. Ali Hasjmy mati total? Apakah ada batasan kubik pemakaian? 2 weeks ago

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 2.388 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: