Lidah Tinta

Ikon

Saatnya tinta bersuara lebih lantang dari suara senjata

12 Juli Belasan Abad Lalu, Islam Kuasai Spanyol

oleh Herman RN

Sejarah mencatat, belasan abad lalu, Islam berhasil masuk dan menguasai Spanyol. Ketika itu, Islam dibawa oleh Thariq bin Ziyad beserta sejumlah pasukannya. Menurut catatan beberata situs, Thariq dan pasukan mulai masuk Spanyol bertepatan dengan tanggal hari ini, 12 Juli. Hanya saja, hitungan tahun saat itu 711 M. Artinya, lebih kurang 13 abad lebih sudah peristiwa tersebut terjadi.

Penting dicatat, masuknya Thariq beserta pasukannya menjadi awal penaklukan Islam atas wilayah Eropa lainnya. Melewati selat di antara Maroko dan Spanyol, Thariq bin Ziyad berhasil menjejakkan kakinya untuk pertama sekali di negara yang beribukotakan Madrid itu, sebuah negara yang menjadi legenda dalam sepak bola dunia saat ini.

Tidak banyak yang tahu riwayat hidup Thariq bin Ziyad. Dalam beberapa literatur hanya disebutkan bahwa Thariq berasal dari bangsa Barbar. Soal sukunya, beberapa sejarawan menyebutkan ia dari suku Nafza atau suku Zanata. Patut dicermati adalah Thariq merupakan seorang budak yang dimerdekakan oleh Musa bin Nushair, Gubernur Afrika Utara saat itu.

Awal masuknya Thariq bersama pasukan membuat heran Tudmir, penguasa negeri setempat. Pasalnya, pasukan muslim ini masuk dari arah laut, arah yang tidak pernah diduga oleh penguasa setempat.  Sejumlah 25000 pasukan pun disipakan penguasa daerah itu untuk menghadang pasukan muslim di bawah pimpinan Thariq. Semangat juang yang disampaikan Thariq melalui pidatonya membuat pasukan muslim tidak gentar.

“Wahai saudara-saudaraku, lautan ada di belakang kalian, musuh ada di depan kalian, ke manakah kalian akan lari? Demi Allah, yang kalian miliki hanyalah kejujuran dan kesabaran…. Bismilillah…” ucap Thariq kala itu, seperti dikutip dari sebuah laman.

Dengan semangat yang membara, pasukan Muslim kemudian maju menyerang. Spanyol berhasil dikuasai. Untuk selanjutnya, beberapa wilayah Eropa lainnya jadi lokasi penyebaran Islam.  Islam menang! Allahuakbar!

Kini, nama Thariq si pahlawan Islam itu ditabalkan pada sebuah semenanjung bukit karang setinggi 425 meter. Jika ingin tahu bukit itu, silakan ke pantai tenggara Spanyol. Orang-orang di sana menyebutnya Gibraltar atau Jabal Thariq. Di pantai karang inilah Thariq beserta pasukan pertama sekali menginjakkan kaki saat masuk Spanyol.[]dbs

Iklan

Filed under: Memory

2 Responses

  1. nadiaananda berkata:

    Inilah Ane yang mau ikut berpartisipasi nongkrong, ngunjungin setia dan berkomentar.. Hehehehe.. 😛

  2. nadiaananda berkata:

    Ane selalu belajar dari kisah orang kecil namun berhati besar,, yukk mari sebarkan ilmu seluas-luasnya.. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

TABIK

Pembaca yang budiman, tidak dilarang mengutip tulisan dari web blog ini, baik seluruh maupun sebagian. Harapan kami, jangan lupakan sumbernya. Senang kami jika ada komentar ditinggalkan, apa pun bentuknya. Diskusi lebih lanjut dilayani di pelangijantan@gmail.com Terima kasih.

PO TULEH

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 2.400 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: