Lidah Tinta

Ikon

Saatnya tinta bersuara lebih lantang dari suara senjata

16 Juli, Revolusi Rusia

oleh Herman RN

TAHUN 1916 terjadi gerakan politik di Rusia. Gerakan tersebut memuncak pada tahun 1917, dengan munculnya upaya penggulingan pemerintahan provinsi yang telah mengganti sistem Tsar Nikolail Rusia. Dari sini kemudian muncul ide pendirian Uni Soviet. Namun, negara baru Uni Soviet hanya bertahan sampai 1991.

Gerakan demi gerakan dalam upaya penggulingan pemerintahan Rusia saat itu terus berlanjut hingga ke tahun berikutnya. Bertepatan dengan tanggal hari ini, pada 16 Juli 1918 silam, gerakan revolusi di Rusia memuncak dengan keberhasilan kelompok buruh menguasai Rusia. Pada bulan ini juga terjadi eksekusi terhadap Tsar Nikolail II yang memipim Rusia kala itu.

Tsar dan keluarganya dibunuh di Yakaterinburg, kota terbesar keempat di Rusia. Letak kota ini di perbatasan Eropa dan Asia. Di kota inilah seluruh keluarga pemerintahan Tsar Nikolail II dihabisi.

Dalam sebuah catatan, disebutkan eksekusi terhadap keluarga besar pemerintah Rusia dilakukan pada minggu pertama Juli 1918. Eksekusi tersebut dilakukan oleh kelompok Bolshevik, yakni sebuah kelompok radikal dari Partai Buruh Sosial-Demokrat Rusia. Pemipin partai ini adalah Vladimir Lenin. Ia menginginkan cara-cara perubahan secara revolusioner dengan pimpinan pusat yang ketat.

Lenin dikenal sebagai pendiri Partai Komunis Rusia pada tahun 1912. Hari ini, 16 Juli, bertepatan dengan hari pengambil-alihan kekuasaan Rusia oleh kelompok Bolshevik dari pemerintahan sebelumnya. Kelompok buruh ini bekerja sama dengan serdadu merah. Peristiwa inilah yang kemudian dikenal dengan nama Revolusi Bolshevik atau Revolusi Rusia.[]

Iklan

Filed under: Memory

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

TABIK

Pembaca yang budiman, tidak dilarang mengutip tulisan dari web blog ini, baik seluruh maupun sebagian. Harapan kami, jangan lupakan sumbernya. Senang kami jika ada komentar ditinggalkan, apa pun bentuknya. Diskusi lebih lanjut dilayani di pelangijantan@gmail.com Terima kasih.

PO TULEH

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 2.400 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: