Lidah Tinta

Ikon

Saatnya tinta bersuara lebih lantang dari suara senjata

Ramadan di Jepang

Herman RN

BULAN Ramadan adalah bulan yang paling ditunggu oleh seluruh umat Islam di dunia. Bulan ini menjadi rahmat dan kemenangan bagi Muslim di mana saja ia berada. Kebiasaan menyambut kedatangan bulan ini pun berlangsung secara turun temurun, berdasarkan daerah dan kebiasaan suatu tempat.

Di Jepang, negeri yang terkenal dengan “sakura” juga punya kekhasan tersendiri. Dalam menyambut datangnya bulan puasa, umat Muslim Jepang biasanya saling berbagi kebahagiaan dengan saudaranya sesama Muslim. Islamic Centre Jepang, misalnya, telah membentuk semacam panitia Ramadan yang bertugas menyusun kegiatan selama bulan puasa, mulai dari dialog keagamaan, majelis taklim, salat tarawih berjamaah, penerbitan buku-buku keislaman, dan segala hal yang terkait dengan pelaksanaan ibadah puasa.

Panitia juga menerbitkan jadwal puasa dan mendistribusikannya ke rumah-rumah keluarga Muslim maupun ke sejumlah masjid. Jadwal puasa ini juga dibagikan ke berbagai restoran halal di seantero Jepang.

Dua tahun lalu, hal yang sama juga dilakukan oleh Tokyo University Islamic Centre Society (TUICS). Mereka mengadakan acara buka puasa bersama untuk memperkenalkan Islam ke penduduk Jepang. Demikian dikutip dari beberapa sumber.[]

Iklan

Filed under: Essay

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

TABIK

Pembaca yang budiman, tidak dilarang mengutip tulisan dari web blog ini, baik seluruh maupun sebagian. Harapan kami, jangan lupakan sumbernya. Senang kami jika ada komentar ditinggalkan, apa pun bentuknya. Diskusi lebih lanjut dilayani di pelangijantan@gmail.com Terima kasih.

PO TULEH

TWITTER SAYA

  • @tirtadaroy_bna yang baik, kenapa setiap Sabtu-Minggu air di sepanjang Jl. Prof. Ali Hasjmy mati total? Apakah ada batasan kubik pemakaian? 2 weeks ago

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 2.388 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: