Lidah Tinta

Ikon

Saatnya tinta bersuara lebih lantang dari suara senjata

Ramadan di Mesir, dari Meriam hingga Lampion

oleh Herman RN

LAIN padang lain belalang, lain lubuk lain pula ikannya. Pepatah ini selalu hidup sepanjang jaman. Dalam melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan, berlaku pula perbedaan kebiasaan setiap daerah bahkan negara.

Manakala di Aceh, Ramadan secara umum disambut dengan variasi penganan tradisi setiap daerah, masyarakat di Mesir punya kebiasaan tersendiri. Dikutip dari jakarta-media, sahur dan berbuka di Mesir disambut dengan letusan meriam. Tradisi letusan meriam ini sudah dimulai sekitar tahun 1460 Masehi.

Selain itu, sisi lain dari Mesir dalam menyambut Ramadan terlihat pada sejuta lampion. Lampu-lampu indah itu dipasang sepanjang jalan sehingga malam hari Mesir akan terlihat penuh warna-warni. Beberapa catatan menyebutkan tradisi ini diambil pada masa Firaun.

Ada pula yang menyatakan ini dari tradisi Kristen Koptik. Catatan lain menyebutkan tradisi ini telah dimulai sejak Dinasti Fattimiyah. Yang jelas, lampion aneka warna itu, oleh orang Mesir menyebutnya dengan “fanous”.

Fanous tradisional dibuat dari gelas dan kaleng. Banyak warga Kairo berbondong-bondong berbelanja lampu tersebut. Persiapan memiliki fanous sudah dimulai beberapa hari menjelang Ramadan tiba. Saat masuk bulan Ramadan, sepanjang bulan penuh rahmat itu, Kairo berhias lampion sejuta warna.[]

Filed under: Essay

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

TABIK

Pembaca yang budiman, tidak dilarang mengutip tulisan dari web blog ini, baik seluruh maupun sebagian. Harapan kami, jangan lupakan sumbernya. Senang kami jika ada komentar ditinggalkan, apa pun bentuknya. Diskusi lebih lanjut dilayani di pelangijantan@gmail.com Terima kasih.

PO TULEH

TWITTER SAYA

  • @tirtadaroy_bna mohon kejelasan, suplay air di tempat kami sudah lebih seminggu macet. Di tempat orang lain lancar saja. Bagaimana ini? 1 week ago

LIKE FACEBOOK HRN

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 2.294 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: