Lidah Tinta

Ikon

Saatnya tinta bersuara lebih lantang dari suara senjata

Maskirbi dan Sesungguhnya Seni

performMALAM ini, sebuah sejarah baru atas nama kesenian Aceh berlaku. Sjamsul Kahar (Pemimpin Umum Serambi Indonesia yang dulu terkenal dengan naskah teater Garpu Patah) hadir ke Taman Budaya setelah sekian lama tak pernah. Sudjiman A Moesa (mantan kepala Taman Budaya) juga hadir meski harus meninggalkan pekerjaan pentingnya sebagai pejabat rektor sementara pada suatu perguruan tinggi.

Barlian AW pun langsung terbang dari Jakarta tadi pagi, meski tiket yang sudah dipesannya untuk esok hari harus hangus karena pembatalan mendadak.

Doel CP Allisah kembali menginjakkan kaki ke Taman Budaya setelah tak pernah lagi ia lakukan sejak tahun 2007. Presiden Rex Hasbi Burman juga muncul bersama sang istri dari Lhokseumawe.

Tak kalah pentingnya, Razlina Reichardt sengajar terbang dari Jerman dengan hajatan yang sama ke Taman Budaya Aceh. Semua demi silaturrahmi dan membangun cinta yang pernah terajut di sini, mengenang maestro penyair dan dramawan Aceh, Maskirbi.

Maka, dusta kesenian macam apa lagi yang harus dibangun di negeri ini? Setelah sejumlah acara atas nama kesenian dan kebudayaan yang menyisakan luka di hati sejumlah seniman Aceh, nyatanya malam ini, hanya dengan acara yang sangat sederhana, semua bisa merajut silaturrahmi.

Semoga ini menjadi ibrah, bawah kesenian, sampai kapan pun tak dapat diaduk dengan politik dan kepentingan pribadi, meski kesenian mampu mengantarkan beberapa pelaku seni menjadi politisi. Malam ini, tak ada campur tangan pemerintah. Malam ini, tak ada event organizer. Namun, malam ini adalah sebuah keniscayaan bahwa seniman tak pernah mati.[HRN]

Filed under: Memory, , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

TABIK

Pembaca yang budiman, tidak dilarang mengutip tulisan dari web blog ini, baik seluruh maupun sebagian. Harapan kami, jangan lupakan sumbernya. Senang kami jika ada komentar ditinggalkan, apa pun bentuknya. Diskusi lebih lanjut dilayani di pelangijantan@gmail.com Terima kasih.

PO TULEH

TWITTER SAYA

  • @tirtadaroy_bna mohon kejelasan, suplay air di tempat kami sudah lebih seminggu macet. Di tempat orang lain lancar saja. Bagaimana ini? 1 week ago

LIKE FACEBOOK HRN

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 2.294 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: