Lidah Tinta

Ikon

Saatnya tinta bersuara lebih lantang dari suara senjata

Warga Thailand Selatan Antusias Belajar Bahasa Melayu Indonesia

bahasa indonesiaTHAILAND-Puluhan warga Kampung Sarong, Provinsi Pattani, Thailand Selatan terlihat antusias belajar bahasa Melayu Indonesia. Mereka berkumpul bersama di balee samping masjid kampung setempat untuk memperoleh sosialisasi tentang bahasa Melayu Indonesia, Jumat (15/11) mulai pukul 14.00 waktu setempat.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Pusat Asean Bagian Indonesia (PUSAINA) untuk Thailand. Pengurus PUSAINA, Ku-Ares Tawandorloh, dalam sosialisasi tersebut, mengatakan sangat penting bagi masyarakat Thailand belajar bahasa Melayu Indoesia.

“Selama ini yang dekat dengan kita hanya Melayu Malaysia. Melayu Malaysia tidak jauh berbeda dengan Melayu Patani. Ingat, tidak lama lagi terbentuk Komite Asean, semua bangsa-bangsa Asean akan sampai ke Thailand. Maka, kita harus siap dengan bahasa, terutama bahasa Melayu dan Inggris,” kata Ku-Ares.

Pensyarah di Universitas Islam Yala ini menyebutkan pelatihan bahasa Melayu Indonesia akan digelar juga untuk masyarakat Kampung Kubang Salur di Narathiwat. Menurut dia, sementara PUSAINA mengambil dua sampel kampung terlebih dahulu, tetapi nanti akan diupayakan diperluas terus.

“Tahap pertama, kita lakukan sosialisasi tahap perbandingan kosa kata Melayu Indonesia dan Melayu Malaysia agar masyarakat mengenal dahulu kosa kata Indonesia,” ujarnya.bahsa idnensia

Tok Nebang (Kepala Kampung) Sarong, Muhammad Kerai, mengakui bahasa Indonesia sangat penting dipelajari oleh masyarakat setempat. Kata dia, sebagai sesama rumpun Melayu, mengetahui bahasa Melayu Indonesia adalah sebuah keharusan. Untuk itu, ia meminta Ku-Ares dengan PUSAINA-nya jangan berhenti memberikan pelatihan.

“Nanti kita harapkan akan ada pertemuan yang kedua dan seterusnya. Ini ilmu penting bagi masyarakat. Saya sendiri suka belajar seperti ini,” ujarnya dalam bahasa Melayu Patani saat memberikan pidato penutup.[HERMAN RN, melaporkan dari Thailand]

Filed under: Memory, , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

TABIK

Pembaca yang budiman, tidak dilarang mengutip tulisan dari web blog ini, baik seluruh maupun sebagian. Harapan kami, jangan lupakan sumbernya. Senang kami jika ada komentar ditinggalkan, apa pun bentuknya. Diskusi lebih lanjut dilayani di pelangijantan@gmail.com Terima kasih.

PO TULEH

TWITTER SAYA

  • @tirtadaroy_bna mohon kejelasan, suplay air di tempat kami sudah lebih seminggu macet. Di tempat orang lain lancar saja. Bagaimana ini? 1 week ago

LIKE FACEBOOK HRN

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 2.294 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: