Lidah Tinta

Ikon

Saatnya tinta bersuara lebih lantang dari suara senjata

Jika Anda Ingin ke Selatan Thailand

BEBERAPA waktu lalu, rombongan dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) gagal sampai ke Pattani, Thailand Selatan. Tujuan mereka akan ke Fatoni University, di Pattani. Mereka urung ke kampus itu, meskipun posisi terakhir sudah sampai di Hadyai, kira-kira perbatasan selatan Thailand. Sebabnya sederhana, miss komunikasi dengan pihak angkutan travel. Pihak travel mengira Pattani yang dimaksudkan dalam janji awal hanya di ibukotanya saja. Padahal, kampus Fatoni ada di perbatasan Provinsi Pattani dan Provinsi Yala.

thai

Demikian yang menimpa tujuh teman saya dua hari lalu. Dari Pulau Pinang, mereka menyewa sebuah van. Tujuannya melihat saya di Fatoni University. Deal rekan saya dengan pihak van sampai ke Pattani. Pihak travel mulanya menyanggupi dengan upah RM 600 lebih. Namun, sesampainya di Songkhla, van travel ini urung melanjutkan perjalanan. Alasannya, takut masuk kawasan Pattani, daerah konflik.

Sebenarnya jarak antara Songkhla dengan Pattani lebih kurang 2 jam lagi (paling lama). Setelah teman saya berusaha negosiasi, pihak van tetap bersitegang tidak mau sampai ke Pattani, ke tempat saya.

Dua pengalaman ini (rombongan UMY dan rekan rekan saya) agaknya menjadi catatan penting bagi siapa saja yang hendak berkunjung ke Thailand Selatan. Deal Pattani yang disepakati dengan pihak travel hendaknya harus dipertegas. Untuk itu, setidaknya ada dua saran sederhana dari saya, terutama bagi yang menempuh jarak dari Pulau Pinang.

Pertama, sewa saja van yang bukan milik travel. Pasalnya, sejauh ini saya lihat Van travel dari Pinang tidak ada yang berani sampai ke Pattani. Alasan mereka semua sama, takut masuk daerah konflik.

Saya kira bukan hanya itu alasan mereka. Yang namanya pihak travel, pasti sudah menjalin deal-deal tertentu dengan sejumlah pihak, misalkan saja dengan rumah makan dan hotel (penginapan). Kemungkinan besar, travel dari Pulau Pinang hanya memiliki akses kerja sama rumah makan dan hotel sampai Hadyai saja. Makanya mereka berat langkah sampai ke Pattani. Oleh karena itu, cukup sewa van non-travel, yang supirnya boleh diajak kemana saja. Tentunya deal di awal sebelum keberangkatan sangat diperlukan.

Saran kedua, tak usah sewa van di Pulau Pinang, jika memang meragukan diantar sampai ke Pattani. Naik van biasa yang tujuan Hadyai saja. Terminal Hadyai adalah pusatnya terminal segala penjuru di selatan Thailand. Ada banyak angkutan menuju ke sejumlah objek wisata dari terminal Hadyai ini. Maka itu, naik saja van biasa dari Pinang dan turun di terminal Hadyai.

Sesampai di Hadyai, silakan menyewa van Thailand. Agaknya, van Thailand lebih murah untuk disewa. Yang paling penting lagi, van Thailand lebih berani sampai ke mana saja dibanding van dari Pinang. Dari terminal Hadyai, Anda bebas hendak kemana saja di wilayah Thailand. Terminal Hadyai menjadi terminalnya para turis dari segala penjuru dunia.

Semoga catatan sederhana ini dapat jadi pedoman bagi rekan-rekan yang hendak berkunjung ke selatan Thailand, terutama kunjungan ke tiga wilayah konflik yang ditakuti oleh banyak travel Malaysia. Tiga wilayah dimaksud adalah Pattani, Yala, dan Narathiwat, yang semuanya masuk dalam teritorial Patani.[Herman RN]

Filed under: Opini

2 Responses

  1. Fardelyn Hacky mengatakan:

    Info yang bermanfaat Man😉

  2. lidahtinta mengatakan:

    hehehe… Terima kasih, Fardelyn Hacky Irawani🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

TABIK

Pembaca yang budiman, tidak dilarang mengutip tulisan dari web blog ini, baik seluruh maupun sebagian. Harapan kami, jangan lupakan sumbernya. Senang kami jika ada komentar ditinggalkan, apa pun bentuknya. Diskusi lebih lanjut dilayani di pelangijantan@gmail.com Terima kasih.

PO TULEH

TWITTER SAYA

  • @tirtadaroy_bna mohon kejelasan, suplay air di tempat kami sudah lebih seminggu macet. Di tempat orang lain lancar saja. Bagaimana ini? 1 week ago

LIKE FACEBOOK HRN

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 2.294 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: