Lidah Tinta

Ikon

Saatnya tinta bersuara lebih lantang dari suara senjata

DKB Gelar Diskusi “Aceh di Antara Sastra dan Politik”

BANDA ACEH–Dewan Kesenian Banda Aceh (DKB) menggelar diskusi soal sastra dan politik pada Rabu (30/04) di Rumoh Budaya, Simpang Lima, Banda Aceh. Kegiatan tersebut merupakan program pengurus DKB dalam Komite Sastra.

Diskusi yang akan berlangsung mulai pukul 16.15 WA itu menghadirkan dua pemantik, dari kalangan sastrawan dan mahasiswa pecinta buku. “Ada dua orang pemantik diskusi interaktif ini. Azhari, sastrawan Aceh yang mendapat award dari Belanda dan Mifta Sugesty, mahasiswa penggagas klub diskusi kutubuku,” ujar Herman RN dari Komite Sastra DKB.

Ia berharap dari diskusi yang dilaksanakan secara lesehan itu akan muncul gagasan-gagasan cemerlang untuk Aceh di masa datang. “Aceh adalah sebuah laboratorium politik bagi Indonesia. Indonesia belajar banyak tentang politik dalam berbagai kasus di Aceh. Partai lokal dan Pilkadasung merupakan contoh sederhana uji labor politik Indonesia di Aceh,” tuturnya.

Selain itu, tambah Herman, Aceh juga laboratorium sastra bagi Asia Tenggara. “Karya-karya Hamzah Fansuri dibicarakan terus sepanjang jaman di negara-negara Asia Tenggara. Hamzah Fansuri dianggap sebagai pelopor sastra tulis dalam bahasa Melayu. Beberapa pendapat mengatakan prasasti Minye Tujoh yang ditemukan di Aceh merupakan awal mula bahasa Melayu tulis ditemukan. Artinya, Aceh adalah laboratorium sastra Asia Tenggara. Ini sebab pentingnya diskusi Aceh di Antara Sastra dan Politik,” paparnya.

Ketua DKB, Mahrisal Rubi, berharap diskusi-diskusi seperti ini dapat terus berlanjut ke depan. “Dari berbagai diskusilah akan muncul hasil pemikiran untuk membangun Aceh di masa depan. Kami imbau semua kalangan hadir dalam diskusi ini,” tuturnya.[]

Filed under: Kabar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

TABIK

Pembaca yang budiman, tidak dilarang mengutip tulisan dari web blog ini, baik seluruh maupun sebagian. Harapan kami, jangan lupakan sumbernya. Senang kami jika ada komentar ditinggalkan, apa pun bentuknya. Diskusi lebih lanjut dilayani di pelangijantan@gmail.com Terima kasih.

PO TULEH

TWITTER SAYA

  • @tirtadaroy_bna mohon kejelasan, suplay air di tempat kami sudah lebih seminggu macet. Di tempat orang lain lancar saja. Bagaimana ini? 1 week ago

LIKE FACEBOOK HRN

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 2.294 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: