Lidah Tinta

Ikon

Saatnya tinta bersuara lebih lantang dari suara senjata

Kampus Satu Malam Satu Juz di Thailand

oleh Herman RN

Herman RNKAMPUS ini merupakan perguruan tinggi Islam pertama di Thailand. Meski statusnya swasta, bisa dikatakan ia satu-satunya kampus yang berani mengusung “Islam” sebagai asas pendiriannya. Padahal, Islam hanya umat minoritas di negeri Gajah Putih ini. Fatoni University atau Universitas Fatoni, demikian nama kampus yang didirikan dengan dana hibah ini. Sebelumnya, ia bernama Yala Islamic University. Sebagai universitas yang berasaskan Islam, kampus ini terus memupuk nilai-nilai keislaman bagi dosen, pegawai, dan mahasiswa. Nilai-nilai keislaman itu semakin tampak di masjid Haromai, masjid kampus. Di masjid ini, mahasiswa berjamaah dengan para dosen dan pegawai universitas, terutama waktu zuhur dan asar (masih aktif jam kampus). Terkadang, imam langsung dipimpin oleh rektornya.

masjid1Selama bulan Ramadan, masjid kampus Universitas Fatoni punya program “Satu malam satu juz” dalam salat tarawih. Di masjid Haromai, salat tarawih dilaksanakan delapan rakaat, dua rakaat sekali salam. Setiap selesai Al-Fatihah, imam mebacakan ayat hingga 5 halaman Alquran. Artinya, sekali salam ayat yang dibawakan imam mencapai 10 halaman (lima lembar). Dengan demikian, delapan rakaat sampailah satu juz.

Tarawih malam pertama Ramadan, imam memulai dengan ayat pertama surah Al-Baqarah hingga 141 ayat. Malam keduanya, surah yang sama dimulai dari ayat 142 hingga ayat 252. Demikian malam-malam berikutnya, siapa pun yang jadi imam akan melanjutkan juz demi juz dalam Alqurannulkarim. Andai ada 30 malam tarawih, tentu semua jamaah yang istiqamah di masjid kampus ini sama dengan sudah mengkhatamkan satu Alquran selama bulan Ramadan. Jika di antara jamaah ada juga yang mengaji secara sendiri dengan target “One day one juz” berarti dia sudah dua kali khatam Alquran, khatam mengaji sendiri dan khatam saat tarawih. Subhanallah!

masjidTentunya setiap kali berdiri tarawih akan terkesan lama, karena imam mebawakan ayat lumayan panjang. Untuk itu, siapa pun yang jadi imam akan membacakan ayat sedikit lebih cepat dari bacaan murattal di hari biasa. Hal ini mengantisipasi kelelahan para jamaah. Cara lainnya, ada jeda sejenak setelah dua kali salam. Jeda ini akan diisi ceramah singkat. Di Aceh, umumnya ceramah singkat Ramadan dilakukan setelah salat isya atau sebelum tarawih. Di masjid kampus ini, ceramah singkat diisi di sela jeda dua kali salam. Selepas ceramah atau jeda, tarawih kembali dilanjutkan. Imam pun dilakukan secara bergantian.

Siangnya, di masjid kampus ini juga ada kajian tafsir Alquran. Kajian ini langsung dipimpin oleh rektornya. Setakat ini, Rektor Universitas Fatoni memang sudah menyelesaikan beberapa kitab tafsir untuk sejumlah surah dalam Alquran. Kajian tafsir Alquran dilaksanakan selama bulan Ramadan, selepas zuhur. Siapa saja boleh mengikuti kajian tafsir selama 30 menit tiap hari di bulan Ramadan ini. Itu sebab jamaah zuhur di masjid ini lebih ramai dibanding jamaah asar. Apalagi, jam kerja kampus selama bulan Ramadan hanya berlangsung hingga pukul 15.40 (waktu asar).

Herman-RNBeginilah cara orang-orang di kampus ini memasukkan pendidikan karakter dalam kurikulum perguruan tingginya. Rektornya sering mengucapkan “Bina akhlak, baru bina kerja” sehingga selaras dengan moto kampus ini: Jami’ati jannatii ‘Kampusku syurgaku’.

Filed under: Feature

3 Responses

  1. nurul mengatakan:

    keren. kalo di sini malah satu ayat satu rakaat. -_-

  2. suraufandi mengatakan:

    tapi fathoni katanya memberontak ke Thailand pak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

TABIK

Pembaca yang budiman, tidak dilarang mengutip tulisan dari web blog ini, baik seluruh maupun sebagian. Harapan kami, jangan lupakan sumbernya. Senang kami jika ada komentar ditinggalkan, apa pun bentuknya. Diskusi lebih lanjut dilayani di pelangijantan@gmail.com Terima kasih.

PO TULEH

TWITTER SAYA

  • @tirtadaroy_bna mohon kejelasan, suplay air di tempat kami sudah lebih seminggu macet. Di tempat orang lain lancar saja. Bagaimana ini? 1 week ago

LIKE FACEBOOK HRN

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 2.294 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: