Lidah Tinta

Ikon

Saatnya tinta bersuara lebih lantang dari suara senjata

Intelektual Muda Aceh Jadi Pemakalah Seminar Internasional Asean

PATTANI–Intelektual muda dari Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry dipastikan mewakili Aceh pada seminar internasional “Memartabatkan Bahasa Melayu di Asean-II”. Kegiatan itu akan berlangsung 25-26 Oktober 2014 di Hotel CS Pattani, Thailand.

Menurut Panitia Pelaksana, Ku-Ares Tawandorloh, seminar ini untuk memperkuat forum diskusi, perbincangan, pertukaran ilmu pengetahuan dan pengalaman terhadap bahasa Melayu/Indonesia di ASEAN.

“Akan ada beberapa sesi seminar dengan subtema linguistik, pendidikan bahasa, sastra, dan pengajian Melayu. Setelah sesi seminar ada sesi perumusan bersama untuk memperkuat jaringan sesama rumpun Melayu,” ujarnya.

Para pemateri dalam seminar ini didatangkan dari berbagai negara ASEAN, terutatama yang masyarakatnya penutur bahasa Melayu. Ada dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Bruneidarussalam.

Dua intelektual muda Aceh yang jadi pemakalah dalam seminar Internasional ini adalah Dr. Jabbar Sabil, MA. dan Hermansyah, M.Th.,MA.Hum. Keduanya akan memaparkan makalah mereka pada sesi 26 Okotober 2014. Jabbar yang baru saja menyelesaikan program doktoral di UIN Ar-Raniry membawa makalah berjudul “Dinamika Tulisan Melayu-Jawi di Aceh”. Adapun Hermansyah akan membentang makalah “Jaringan Intelektual Ulama Melayu Aceh-Patani”.

Selain mereka berdua, satu lagi putra Aceh, Herman RN, juga akan menjadi pemakalah dalam seminar tersebut. Hanya saja, Herman diminta sebagai pemakalah mewakili Fatoni Universiti Thailand, sebab sejak tahun 2013, ia tercatat sebagai dosen pada Fakultas Sastera kampus tersebut.

Makalah yang dimintakan kepada Herman RN tentang sastra. Untuk itu, ia sudah siapkan sebuah makalah tentang perdamaian melalui karya sastra dengan judul “Nilai Ummah Wahidah Melalui Karya Sastra.”

Seminar internasional ini terselenggara atas kerja sama Fatoni University, Kementerian Pendidikan Thailand, dan Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia.

Kegiatan ini akan diresmikan oleh Kementerian Pendidikan Kerajaan Thailand dan dibuka oleh Rektor Universiti Fatoni. Seminar ini juga akan dihadiri oleh Rektor UPSI Malaysia dan sejumlah tokoh, pakar bahasa, pakar sastra, pakar sejarah, serta unsur wartawan.[]

Iklan

Filed under: Kabar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

TABIK

Pembaca yang budiman, tidak dilarang mengutip tulisan dari web blog ini, baik seluruh maupun sebagian. Harapan kami, jangan lupakan sumbernya. Senang kami jika ada komentar ditinggalkan, apa pun bentuknya. Diskusi lebih lanjut dilayani di pelangijantan@gmail.com Terima kasih.

PO TULEH

TWITTER SAYA

  • @tirtadaroy_bna yang baik, kenapa setiap Sabtu-Minggu air di sepanjang Jl. Prof. Ali Hasjmy mati total? Apakah ada batasan kubik pemakaian? 1 week ago

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 2.388 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: