Lidah Tinta

Ikon

Saatnya tinta bersuara lebih lantang dari suara senjata

Sebelas Orang Asing dari Berbagai Negara Pilih Aceh Belajar Bahasa Indonesia

bulek“SAYA suka Aceh. Saya ingin tahu politik pemerintahan di Aceh. Menurut kabar yang saya dengar, pemerintahan di Aceh menjadi model pemerintahan lokal di Indonesia. Saya juga ingin tahu lebih banyak tentang syariat Islam di Aceh.”

Pengakuan lugas itu dituturkan Mamadou, seorang lelaki asal Senegal, Afrika. Keingintahuannya tentang syariat Islam karena dirinya sendiri menganut agama Islam.

“Namanya saya Mamadou. That traditional name. Muslim names Muhammad,” ujarnya bangga.

Mamadou alias Muhammad adalah satu dari sebelas orang asing yang memilih Aceh menjadi tempat belajar bahasa Indonesia. Mereka belajar di Universitas Syiah Kuala selama satu tahun atau dua semester pelajaran. Program ini merupakan program Kemenristekdikti RI.

Universitas Syiah Kuala sebagai universitas nomor satu di Aceh yang sudah terakreditasi A Ban-PT mulai tahun 2017 dipercayakan Kemenristekdikti untuk mengelola pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) melalui Program Darmasiswa.

Selain Universitas Syiah Kuala, ada puluhan perguruan tinggi lain di seluruh Indonesia yang dipercaya mengelola BIPA Program Darmasiswa. Peserta yang memilih Aceh (Unsyiah) sebagai tempat belajar bahasa Indonesia berasal dari berbagai negara dan benua. Di antara mereka ada yang berasal dari Amerika, Zimbabwe, Senegal, Lituania, China, Korea Selatan, Thailand, dan Palestina.

Setiap pelajar asing itu diberikan dana oleh Pemerintah Indonesia, mulai biaya hidup, biaya visa, dan lain-lain. Program ini merupakan visi-misi Indonesia dalam menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional di masa akan datang. Semoga!

Iklan

Filed under: Kabar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

TABIK

Pembaca yang budiman, tidak dilarang mengutip tulisan dari web blog ini, baik seluruh maupun sebagian. Harapan kami, jangan lupakan sumbernya. Senang kami jika ada komentar ditinggalkan, apa pun bentuknya. Diskusi lebih lanjut dilayani di pelangijantan@gmail.com Terima kasih.

PO TULEH

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 2.401 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: