Drama dan Teater


(Sebuah Pengantar)

Oleh Herman RN*

1. Pengertian Drama

Jauh hari, semasa kakek nenek kita masih seusia kita (sekolahan) sudah mengenal yang namanya layar tancap, film, ketoprak, dan sandiwara. Semua itu merupakan kisah fiksi yang dimainkan, baik dalam bentuk visual, audio, maupun audio-visual. Hal serupa dengan itu muncul pula kata “drama” dan teater, yang kemudian menjadi salah satu kajian ilmu di sekolah dan perguruan tinggi. Sebenarnya, dari semua jenis di atas, drama adalah awal dan puncak.

Drama merupakan genre sastra yang unik. Ia bukan untuk sekedar dibacakan, tetapi juga dipertontonkan. Sebagai tontonan, cerita dalam drama dikatakan ephemeral, yaitu bermula pada satu malam dan berakhir pada malam yang sama. Sejauh ini, drama masih dikatakan berasal dari Yunani, yaitu dari kata dramai  ‘sesuatu yang diperbuat’. Istilah lain yang sama dengan drama adalah sandiwara (dari bahasa Jawa) yang maksudnya cerita rahasia. Cerita tersebut kemudian digolongkan menjadi salah satu genre sastra, yakni sastra yang bercerita.

2. Drama dan Teater

Sebuah karya sastra yang bercerita terbagi atas dua; tutur dan tulis. Jika cerita-cerita prosa seperti legenda dan dongeng lahir dari sastra tutur kemudian dituliskan, drama adalah kebalikannya, yakni dituliskan dahulu, beru kemudian dituturkan/diperankan. Drama dipertontonkan guna mencapai estetik implementasi. Artinya, ia harus diawali dari tulisan, kemudian diceritakan melalui penggunaan medium seni yang disebut dengan panggung. Cerita drama yang sudah dipanggungkan disebut dengan teater. Oleh karena itu, pembicaraan drama kerap dikaitkan dengan teater. Tak ayal, terkadang orang menyebut drama sebagai teater dan sebaliknya, teater dikatakan dengan drama. Sejatinya, kedua hal ini tetap berbeda. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari tabel di bawah ini.

Drama

Teater

naskah

pertunjukan

penokohan

tokoh/ aktor

teks

interteks

Penulis

sutradara

Dari tabel di atas jelas bahwa dikatakan dia sebagai drama karena masih berupa naskah (di atas kertas). Artinya, drama adalah naskah yang akan dilakonkan.

Naskah lakon merupakan bahan dasar sebuah pementasan dan belum sempurna bentuknya apabila belum dipentaskan. Naskah lakon disebut juga sebagai ungkapan pernyataan penulis (playwright) yang berisi nilai-nilai pengalaman umum, juga merupakan ide dasar bagi aktor. Proses pengembangan laku bersumber dari hasil studi dan analisis isi. Hal ini dapat membangkitkan daya kreatif dalam menghayati laku secara pas, melaksanakan peran dengan takaran seimbang dalam asas keutuhan, keseimbangan serta keselarasan. Naskah sering juga disebut dengan skenario, terutama untuk film.

Dalam sebuah naskah, ada percakapan/ dialog. Berbeda dengan percakapan dalam teks prosa yang biasanya ditulis berangkai dengan narasi, pada naskah drama, percakapan ditulis terpisah menjadi dialog per tokoh yang diharapkan memerankan ucapan tersebut. Namun demikian, dalam naskah drama tetap juga memiliki narasi. Narasi dalam naskah drama biasanya ditulis memakai tanda kurung (…) atau dimiringkan (italic). Japi Tambojang dalam “Dasar-dasar Drama Turgi” memberi istilah pada percakapan sebagai wawancang dan untuk tanda kurung disebutnya dengan kramagung. Perlu diingat, ketika sebuah naskah sudah dipertunjukkan, barulah dikatakan dia sebagai teater. Tulisan dalam tanda kurung itu digunakan pemain untuk melakukan gerakan-gerakan dimaksud saat memerankan karakternya. Dengan kata lain, tulisan dalam kurung merupakan perintah dari penulis naskah untuk aktor.

Penokohan  merupakan karakter tokoh yang diinginkan dalam sebuah naskah. Kharakter ini sama seperti karakter manusia biasa: ada kejam, sadis, baik, pendiam, gila, dan sebagainya. Karakter-karakter tersebut diharapkan dapat diperankan oleh aktor (pemain) dengan maksimal agar tercapai maksud naskah. Dalam naskah drama (juga berlaku untuk film dan sandiwara) semua watak tersebut dibagi menjadi tiga kategori, yaitu protagonis (tokoh baik) antagonis (tokoh jahat), dan tritagonis (tokoh pembantu).

Oleh karena teks adalah sesuatu yang tampak (tertulis), pembicaraan naskah merupakan pembicaraan teks/ masih di atas kertas. Ketika berbicara interteks, berarti membicarakan maksud yang tidak tampak dari sebuah teks. Interteks merupakan perilaku yang harapkan muncul setelah melakukan interpretasi terhadap teks. Lebih mudahnya, teks merupakan unsur ekstrinsik (luar), sedangkan interteks adalah unsur intrinsik (dalam).

Penulis adalah orang yang melakukan proses kreatif yang pertama terhadap sebuah karya. Dalam hal ini kita membicarakan karya sastra drama. Jadi, penulis adalah orang yang melakukan proses kreatif menulis naskah drama. Sutradara adalah orang yang membawa naskah ke bentuk pertunjukkan. Seorang sutradara pastinya dituntut orang yang mahir melakukan interpretasi terhadap naskah, baik dari segi dialog, cerita, penokohan, sampai ke pada properti panggung. Oleh karena tanggung jawabnya yang berat itu, seorang sutradara biasanya dibantu oleh asisten sutradara. Tugas sutradara mulai dari latihan sampai selesai pementasan.

3. Unsur-unsur Drama

3.1.            intrinsi (unsur dalam)

Unsur intrinsik atau disebut juga unsur dalam adalah unsur yang tidak tampak. Ini yang kita sebut di atas tadi sebagai kajian interteks. Dalam intrinsik ada:

Ø tema; yaitu ide pokok yang ingin disampaikan dari sebuah cerita. Tema sering pula dikatakan dengan nada dasar drama. Sebuah tema tidak terlepas dari manusia dan kehidupan, misalkan cinta, maut, dan sebagainya. Jika ada yang menyebutkan temanya romantis, itu adalah bias pengertian. Romantis bukan tema, tetapi gaya yang digunakan oleh penulis. Dalam kasus dimaksud sebenarnya temanya adalah cinta/ percintaan. Jalan ceritanya yang dibuat menjadi romantis. Ini hanya perkara gaya/style (di lain waktu akan kita bicarakan masalah gaya atau style penulis tersebut).

Ø alur/ plot; yaitu jalan cerita. Dalam alur sebuah naskah drama bukan permasalahan maju-mundurnya sebuah cerita seperti yang dimaksudkan dalam karangan prosa, tetapi alur yang membimbing cerita dari awal hingga tuntas. Dimulai dengan pemaparan (perkenalan awal tokoh dan penokohan), adanya masalah (konflik), konflikasi (masalah baru), krisis (pertentangan mencapai titik puncak–klimak s.d. antiklimaks), resolusi (pemecahan masalah), dan ditutup dengan ending (keputusan). Ada pula yang menggambarkan alur dalam sebah naskah drama itu pemaparan—masalah—pemecahan masalah/resolusi—keputusan.

Ø  penokohan; karakter yang dibentuk oleh setiap dialog tokoh.

Ø latar/ setting; yaitu tempat kejadian. Latar atau setting berbicara masalah tempat, suasana, dan waktu.

Ø amanat; yaitu pesan yang hendak disampaikan penulis dari sebuah cerita. Jika tema bersifat lugas, objektif, dan khusus, amanat lebih umum, kias, dan subjektif.

3.2              ekstrinsi (unsur luar)

Unsur-unsur luar adalah unsur yang tampak, seperti adanya dialog/ percakapan. Namun, unsur-unsur ini bisa bertambah ketika naskah sudah dipentaskan. Di sana akan tampak panggung, properti, tokoh, sutradara, dan penonton.

4.    Jenis-jenis Drama

Ssecara sederhana, drama dapat dibagi menjadi beberapa bentuk. Pembagian secara umum di bawah ini ditinjau dari cerita dan gaya berceritanya.

  • Tragedi, yaitu drama yang melukiskan kisah duka atau kejadian pahit, sedih yang amat dalam. Tujuan naskah ini biasanya agar penonton dapat memandang hidup dan kehidupan secara optimis.
  • Komedi, yaitu drama ringan, biasanya bercerita tentang yang lucu-lucu. Tujuannya lebih kepada menghibur penonton.
  • Melodrama (tragikomedi), yaitu drama yang berupa gabungan dari tragedi dan komedi. Dalam naskah ini ada cerita serius, ada juga hanya cerita ringan dan lucu.
  • Dagelan (farce), yaitu jenis drama murahan atau dikatakan juga dengan komedi picisan. Biasanya naskah ini diiringi musik riang.
  • Opera atau operet, yaitu dialog diiringi dengan musik yang di dalamnya juga dimasukkan nyanyian/ lagu.

5.    Simpulan

Dari ulasan singkat di atas, dapat ditarik simpulan bahwa sebuah naskah drama belum mencapai puncak estetik kesastraannya manakala belum diimplementasikan ke atas pentas atau belum dipertontonkan. Lantas, apa hubungannya dengan pembelajaran di sekolah? Pentingkah mempelajari drama di sekolah?

Oleh karena di sekolah ada mata pelajaran sastra, kendati masih digabungkan dengan bahasa, drama menjadi penting dipelajari, karena drama termasuk ke dalam salah satu jenis sastra. Namun, sampai saat ini pembelajaran drama di sekolah hanya diberikan sebatas mengenal naskah, implementasinya sama sekali belum. Sejatinya, drama belum lengkap dipelajari jika belum diapresiasikan dan dimainkan menjadi sebuah teater. Karena itu, pembelajaran drama di sekolah mesti dibawa ke arah teater.

Mempelajari apresiasi drama berkaitan dengan naskah dan pertunjukan. Oleh karena itu, unsur-unsur sebuah naskah drama mesti diketahui oleh siswa. Siswa juga dituntut dapat membuat naskah drama, minimal naskah satu babak (singkat). Siswa juga diharapkan dapat mementaskan sebuah naskah drama bersama teman-temannya, lalu teman-teman yang lain menilai pementasan temannya tersebut. Jika hal ini sudah mampu dilakukan siswa, artinya dia sudah memahami apa itu drama dan teater. Karenanya, sebagai calon guru Bahasa dan Sastra Indonesia dituntut memahmi dengan benar hakikat drama dan tujuannya.

Herman RN aktif di Teater Nol Unsyiah dan Gemasastrin. Alumni FKIP PBISD Unsyiah

Iklan

289 respons untuk ‘Drama dan Teater

  1. mas,saya masih belum bisa ngebuat unsur intrinsik dari sebuah naskah drama.
    tolong bantu saya dunk mas.
    saya butuh contoh naskah dengan penjelasan unsur intrinsiknya!!!
    please… ^_^

  2. mas, bisa minta contoh drama yang terdiri dari 9 orang, gak……
    drama nya tentang tragedi…….
    Tolong mas ujian praktek kelompok kami tinggal 4 hari……..
    please, ya mas..(^_^)

  3. punteun tiasa ngabantosan abdi ngadameul drama sunda nu pika seurieun pisan. kanggo 5 urang. 2 istri 3 pameugeut. punteun pangdameul keun. diantos drama na.

  4. mas ad naskah drama ttg persahabatan/cinta gk yang buat 8 org pemain???

    kalo ad tolong dkirim k email or fs saya aj ya,,
    scepatnya ya mas ^_^
    makasih

  5. mas gemana caranya buat drama komedi??? saya mau buat acara kampus yang ada drama komedinya. tapi kayaknya saya gak ada bakat buat naskah drama komedi. tolong bantu saya mas!!!

  6. mas..,,
    blh tolong buatin drama tragedi yang terdiri dari 8 orang..,, tolong ya mas..,,
    secepatnya..,, coz waktu kami tinggal 4 hari lagi..,,

  7. Terima kasih kepada para pengunjung dan komentator tulisan ini. Mohon maaf, permintaannya agar saya membuat naskah drama tidak dapat terwujud. Seyogianya, tulisan ini menjadi jalan memudahkan pembaca untuk membuat naskah drama. Karena itu, saya tidak mungkin membuat naskah drama seperti permintaan para pengunjung. Saya berharap para pembaca dapat memakluminya. Namun, kalau ada beberapa pembaca yang sudah membuat naskah drama dan meminta tukar pikiran dengan saya, mudah-mudahan saya bisa bantu sedaya mampu saya. Demikian dan terima kasih.
    Salam,
    Herman RN

  8. MasS….
    TLoG krimin aqw doNkZ naskah drama tentg perSaHaBtN n cinta ke aLmT fs_qw u/ 8 org yah, 1 cwok 7 cewk…
    ToLg secpt _nya,,
    ….thnkz….

  9. mAs….
    ToLoNg KrImIn nAsKh dRmA TeNtANg “bAhAyA NaRkOtIka tAu pErSaHaBaTaN” DonK…
    u/ 7 oRaNg yAh,, 2cWoK n’ 5 sWeK Ya…
    TlG,,SeCePaTNyA y….
    PLIssssssssss….
    ….thank’S…

  10. mas…
    tolong kirimin naskah drama tentang apa aza dech, yang menarik. . .
    untuk 7 orang, 4 cewe, 3 cowo. . .
    plizz…. bntuin ya mas. . .
    aku mau ujian praktek 3 hari lagi nie. . .
    plizz… kirimin ya ke alamat e-mail aku. . .
    aku tunggu mas. . . mkcii. . .

  11. mas, bisa minta tolong gak buat bantu cariin kira2 naskah drama apa yg bagus n gak membosankan serta ada sedikit alur cerita yang lucu2ya gitu yg bisa diperankan oleh 2 orang cwo n 5 org cewe? klu bisa jgn lama2 coz waktunya udh mepet sich….
    MAKACIH!!!

  12. mas,,,,,,,,,,,
    tlong buatin naskah drama terserahaz tentang ap….
    dramax buat 5 orng,,2 cewe 3 cowo…..
    secepatx y mas….
    di tunggu loh…………
    mkacieeeeee…………….

  13. kak bisa buatin teks drama untuk 8 orang gak?kalau bisa yang isinya bermutu buat anak SMA gitu maz…pleaze??bingung aku mau nampilin teather tentang apa…

  14. blog ini bagus karena semua isinya tentang drama, saya sebagai seorang mahasiswa sastra sangat perlu dengan informasi tentang drama.good luck untuk buat blog ini

  15. bisa tolong kirim ke email saya gak ?
    naskah drama yang terdiri dari 10 pemain dan harus 3 babak !
    tolong ya .
    saya butuh untuk ujian praktek tgl 14 mei 2009 .
    makasihh 🙂

  16. mas bisa buwatin teks drama yang lucu gak??
    saya butuh banget mas bwt ujian praktek tgl 14 mei 2009.
    tolong ya mas kirim ke email saya
    makasih

  17. mas bisa buwatin teks drama yang lucu gak?
    saya butuh banget mas bwt ujian praktek tgl 14 mei 2009.
    di buat secepatnya ya mas?
    tolong ya mas?
    jumlah pemain 6 anak.
    mas tolong kirim ke email ya?
    makasih….

  18. mas mw donk di bwtn naskah drama, yg jmlh pemainnya 5 org, tlg ya mas ptg bgt wat ujian praktek tgl 18 mei ’09 . thx before ya mas .

  19. pak,tlg bikin in dialog drama untuk 9orang … please yha pak … bertema pergaulan remaja di butuhkan nya akhir may … tlg yha pak …

  20. mas, py drama bwt 5 orang gak ? yg aga komedi gt cz dari tadi nyari ga dpt”,,
    plizzzzzzzzz……..
    **ato yg lain ada yg py???****
    makaaassii ya,, ^^

  21. bisa bikinin drama persahabatan untuk 5 orang gak???

    buat tugas!…
    hehehe,,,,
    nyari nya dimana??????????????????????????????

  22. HII…
    tlng buatin naskah drama dunk buat ujiana praktek b.indo….
    tlng buataindh yaxh buat tnggal 23 juni…

    krimind k email kuw jjax yaxh… 😉

  23. bisa minta tolong ga bikinin drama mengenai istri seorang ABRI, yang terdiri dari 7 orang perempuan dan 1 orang laki-laki, please ya bikinin… Thx…

  24. saya senang sekali membaca cerpen,novel…
    pokokx membaca deh pasti saya suka……
    tp sekarang saya bingung soalx saya poex tgs dri gru sya dan tgs to di sruh bwt naskah drama..
    sya kehabisan ide,mas bantu sya dong buatin contoh naskah tapi tokohx 4 rang.3 perempuan dan 1 laki2…
    pliis y mas bantuin saya clx di kumpulin besok,,,,!!

  25. mas, saya minta tolong banget ne.
    apa pengertian film drama romantis???
    n tolong kalo bisa sama referensi or sumbernya y.
    makasih banget.
    cos, q kesulitan cr it referensi dmn gt.
    matur nuwun, makasih, thanks.
    balas ya mas.
    kirim ke email dunk
    chiimut13@yahoo.com

  26. sebenarnya saya kurang sreg dengan tulisan anda pada bagian ‘Sejatinya, kedua hal ini tetap berbeda. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari tabel di bawah ini.

    Drama

    Teater

    naskah

    pertunjukan

    penokohan

    tokoh/ aktor

    teks

    interteks

    Penulis

    sutradara

    Dari tabel di atas jelas bahwa dikatakan dia sebagai drama karena masih berupa naskah (di atas kertas). Artinya, drama adalah naskah yang akan dilakonkan.

    sebab saya sering lihat-lihat poster-poster yang isinya “akan dipertontonkan Pementasan Drama dengan judul…….”. kalau begitu bagaimana menurut Anda?
    tabel tersebut anda peroleh dari sumber/buku apa?
    ok, thx dan maaf saya cuma ingin tahu antara drama dan teater kok berbeda.

  27. Dikatakan “akan dipertontonkan pementasan drama dengan judul…” tentunya ungkapan yang keliru. Mungkin si MC atau pembawa acara belum paham apa itu drama dan apa teater. Kalimat itu bisa diluruskan menjadi (di antaranya) “akan dipertontonkan NASKAH drama dengan judul…” Kalau memakai kata naskah, berarti sudah benar, drama memang masih pada taraf naskah, pertunjukannya yang disebut teater.
    Ini saya temukan dari beberapa buku seperti drama turgi tentang pengertian naskah dan drama. Selain, itu juga berdasarkan hasil pengamatan pribadi yang dikembangkan lagi, karena saya memang bergiat di salah satu sanggar teater di Aceh. Silahkan bermain ke Tater Nol Banda Aceh. Kita bisa diskusi di sana.
    Terima kasih dan salam.

    RN

  28. om yang budiman dimana situs yang saya bisa dapat contoh 2 naskah drama yang berdurasi pendek,saya pengelola sanggar teater KATAR kadang kesulitan untuk dapatkan naskah cerita ,mohon bantuannya agar kita komunitas ini bisa terus berkembang Thanks….

  29. oiya kak,bisa tolong kirimin naskah drama yg ada sekenarionya gak kak…?? tolongin aq kak,soalnya itu tugas yg harus aq kumpulin besok pagi… ceritanya terserah kakak aja mau kirim cerita apa.. yg penting klo ditampilkan bisa bikin suasana seru,and gak kaku…. pemainya 4-5 orang ya kak,and gak usah terlalu panjang ya.singkat aja biar kakak jg gak repot.. TOLONG YAa kak…

  30. tolong buatkan drama yang di lakukuan oleh 2 orang aja ya………….. plisssssssssss………………………. tolong bwt kan yo kak………………………………

  31. mazzz,,,, bwatin naskah dRamA bWat anAk SkuL, utk naK 12 CE SmuA,, utk Pr sKuL nie,,, yang HeBoh y,,,,,,, hari senin d KumPuliN nieeee,,,,,,,,,,,,,,,,!!!!!!!!!!!!

  32. tolonggggggggg………………..
    .kirimimin texs drama yang bikin orang terharu atau…………… yang menyedihkan………………………
    untuk 10 orang plissssssssssssssssssssssssssssss
    bangeyssssssssssssssttttttttttttt

  33. Q mohon banget kirimin Teks drama tentang pertemanan yang terdiri dari 2 Cowo dan 3 cewe. tapi yang singkat ea… uat tugas Sekolah di SMA

  34. mas,,tolong buatin dialog drama buat 5 orang dong
    tentang persahabatan ya,,mass
    jangan lupa tokohnya cwe smua yaa…….

    nnti kirim ke fb saya aja ya mas

    plizz,,,

    klo biza ntar malem yyy…n_n

  35. mas
    bs tlong buatin dialog gx dengan 9 orang pemain,,,
    ne kami ne akan memerankan drama ini
    plis ya mas buati,,,
    lusa kami udh mau mulai hapal dialog nya..,.,
    plizzz ya mas buati,,
    thank’s

  36. mas..
    mw tlgn amiie gag???
    tlg cii bikinin drama yg seru n yg bgus yg penuh khayatan bwt orang 9 pemain..
    jgn tntg cnta n jgn ada pmain laki2..
    klo bsa cii skrg oz tgs na bwt bsok..
    tlg bkinin yaw…

  37. Disertai salam dan terima kasih saya kepada para pengunjung tulisan ini. Maafkan saya, sementara waktu saya tidak membuat naskah drama (lagi) bersebab ada kesibukan lain saat ini. Tulisan ini pun saya sajikan kepada kawan-kawan agar kawan-kawan dapat mencoba membuat naskah sendiri. Memainkan naskah sendiri tentu lebih baik daripada selalu berharap pada naskah orang. Itulah proses.

    Salam saya,
    Herman RN

  38. aku seneng banget sama drama..di skula aku sering maen n pentasin teater..nama teater di skulaku ” Study Teater”
    nah…aku minta dibikinin naskah drama tentang persahabatan gitu.. soalnya di suru guru buat tugas sekola, nah tugasnya itu buwat film..susah buwat gituan..huft..
    bantuin donk…yayayaya..=D

  39. Gimna cih tips2 Agr pmentsan dlm teater/drama tu bgus di tonton ,tlong donx ksih tiPs2y Ma qWh cz qwh Msh agk cngGnug Dlm PmEntsnnya.o.k

  40. selamat pg….!
    Mas, tolong buatkan contoh naskah drama yang terdiri dari 4 orang (ceweq) tentang persahabatan z en durasinya 15 mnt. thanks.

  41. maz, saya mnta cntoh drama yang terdri dari 5 orang donk,,,,soalnya ini buat ujian………tolong yaw…………pliiiiiiiiiiiissssssssssssssssssssss!!!!!!!!!!!!!!!butuh segera nih……

  42. mas,,
    buatin drama komedi atau drama yang ga ada komedinya juga gpp..
    temanya cerita masa SD atau TK,,atau momentnya yang lagi ada di RUMAH SAKIT JIWA,,
    orangnya 4 orang,,durasinya 40 menit,,ini untuk tugas skull,, secepatnya ya mas!!!
    di tunggu sebelum tanggal 15 febuari,,,
    makasih,,,
    kirimnya ke (desi_triana93@yahoo.com)

  43. mas tlong bwtin q drama cerita rakyat untuk 5 orang.2 co n 3 ce, klo bisa pakai bhs inggris,bwat tgs inggris.tlong yaa.
    makasih.
    kirim ke email q ya.

  44. mas,tolong buatin naskah drama bwt 5 orang…..jk brkenan temanya tentang cinta….makasih ya mas…sy harap besok minggu,tgl 24 januari 2010 sdh terkirim ke e-mail saya….

  45. mas bisa minta tlong ga,,bwatin drama bertema pendidika bwat 7 orang…rabu nie dah di kumpul bwat ujian praktek nie… nie alamat email saya… [wahyudi.purnama@yahoo.co.id]tlong ya mas….

  46. bg di pat na drama 7 droe pemain. keu adoe loen ka di chen2 nyoe hana ek ta peu iem di moe uroe seupot. ta tampa enteuk di peugah bak mak meu paloe loen lom. tlong beuh adun

  47. bIsA bUATiiiiiiiiiin cOnTOh DrAmA kOmEdI bUAT 8orang ga???????????????

    Klo bsa tolong buatin skarang ya soalnya aq lG bUtUh neeeeeeeeeee………………..

  48. om.. tolong buatin aku naskah drama yang terdiri dari 5 orang ya om.. tolong om…. saya butuh banget nich.. ntar kirim ya ke e-mail saya….

  49. Sahabat-sahabat setia yang telah meminta saya untuk membuat naskah drama, saya mohon maaf karena saat ini sedang disibukkan dengan pekerjaan kampus sehingga belum sempat membuat naskah drama. Mungkin kawan-kawan bisa mencobanya mencari di tempat lain. Terima kasih.

  50. halloo…..

    haduuh, boleh saya minta tolong??

    tolong doonk, buatin naskah utuk drama untuk 6 orang ( 2perempuan & 4 laki2 .. tapi drama yang lucu, menghibur githuuu…..

    yaaah,,, tolonggggggin saya…..

    ini alamat e-mail saya saiiahsiihcuek@yahoo.co.id

    mohon di balas….
    terimakasih….

  51. haloo …..

    haduuuuh, boleh saya minta tolong??

    tolong doonk, buatin naskah utuk drama untuk 6 orang ( 2perempuan & 4 laki2 .. tapi drama yang lucu, menghibur githuuu…..

    yaaah,,, tolongin saya ..

    ini alamat e-mail saya saiiahsiihcuek@yahoo.co.id

    mohon di balas….
    terimakasih….

  52. ad naskah drama ttg persahabatan/cinta gk yang buat 6 org pemain???

    kalo ad tolong dkirim k email saya aj ya,,
    scepatnya ya mas ^_^
    makasih …..

  53. pak, bikinin naskah drama yang dimainkan oleh 12 orang dong yang berdurasi 30 menit, untuk tugas nih .
    saya ga bisa bikin drama .
    tolongin dong pak .

  54. mas , tolong buatkan saya drama yang terdiri dari 4 org (1 cowo tp agak banci , 3 cw ttpi yg 1 cwnya suaranya lantang)
    tlg krim ke fb yah , di inbox .
    makasii ..
    tlong cpt yah soalnyaa untuk ulangan oraktek , klo bsa yang komedi dramanya biar lichu .
    ^_^ makasiii

  55. mas , tolong buatkan saya drama yang terdiri dari 4 org (1 cowo tp agak banci , 3 cw tpi yg 1 cwnya suaranya lantang)
    tlg krim ke fb yah , di inbox .
    makasii ..
    tlong cpt yah soalnyaa untuk ulangan praktek , klo bsa yang komedi dramanya biar lichu .
    ^_^ makasiii

  56. mas tlonggggggg banget kirimin contoh drama yang lucu wat praktek pleaseeeee,,,,,,,,
    kirimin ke alamat email nie..
    yayayayayayyayayay????

  57. toLong buatin drama lucu buat 10 orang……….
    buat anak SD yaah…….. tentang apa aja….. yang penting lucu…. bikin orang ketawa…….

  58. mas,tolong bwtin naskah drama lucu dong………………..wat ujian praktek b.Indonesia tgl 26 april besogh……………
    kirimm k e-mail q y…………………

  59. mas,tolong bwtin naskah drama lucu donk…………..wat ujian praktek b.Indonesia tgl 26 april besogh…………………….
    dramax terdiri dari 4 orang yach…………..
    kirim k e-mail q y……………..

  60. tolong bgt, saya buatin teks drama buat 11 orang, 3 perempuan, 8 laki2… buat anak SMA. temanya terserah… kalo bisa yang lucu,,
    ini tugas sekolah, mohon secepatnya ,,
    maaf ngrepoti…
    makasihh,,,,

  61. tolong banget….

    kamu buatin aq drama yang ceritanya campur aduk gitu….
    ada sedihnya.. ada lucunya ,,, ada penyiksaanya,,,,
    and ada masalah percintaanya..
    Drama ini untuk anak SMA yang jumlahnya ada 7 orang
    2 cwo and 5 cwe,,,
    buatin ya,,
    plisss banget

  62. tolonh bikinin aq drama tentang arti persahabatan yyaa..

    yng tersiri dari 5 orang..
    3 orang cewek, 2 orang cowok..

    tolong yya..!!!!

  63. mas/mba saya mau minta tolong nih kalau bisa tolong di kabulkan ya….

    saya ingin mencari drama yang bagus untuk 5 orang yang isinya cewek semua

    nah itu ajj mas/mba yang saya minta tolong di kabulin ya……..

  64. Mas,tolong buatin drama kocak tapi berisi buat anak smp dong..yg mainin 8 org,4 lki2 dan 4 prmpuan…kalo bisa sbelum jumat minggu ini,makasih banyak mas !

  65. tolong buatin naskah drama yg lucu sihh yg terdiri dari 8 orang, hari senin ini mw di pake untuk ujian praktek, tlong kirimin ke e-mail saya ,, makasih 🙂

  66. tolong donk…. buatin drama tntang 6 anak perempuan.. temanya terserah.. boleh teman, keluarga, atau yang lain. yang penting menyangkut masyarakat…
    makasih.. klo bisa secepatnya ia.. lusa soalnya dah di pake… 🙂

  67. ma’f ea tlong butien drma duonkkkk coz mw da prktek nie angota ea 6 orng yng 5 cwexX and 1 age ea cwoxX……..tema ea ap zZa…..asal bzZa bwt durasi 10 menittttt…..nntie lw bzZa krimin k email cha eaa,,,,cha tnggu loooochh coz bntar age mw praktek…..!!!!!!

  68. Mas, bleh mntak cntoh teks drama untk 4 org gk mas…
    tema nya bleh tntg persahabatan, hidup anak remaja sekarang,atau percintaan jga bleh koq,,, 🙂
    2 org cwok dan 2 org cwok….
    tlong ya mas, ntar lge mw presentasi nih,,,,
    berikan doank tips” gmn cra nya buar drama gitu ?
    ntar d krim k email aja ya mas (ghinazhafirah@yahoo.co.id)

  69. kak tolong buatin drama terserah lah mau drama pa eank penti untuk empat cwex and satu cowok ea…..
    plis untuk tugas kak…
    pokoknya naskahnya jangan banyak-banyak ea…???????????

  70. tolong buatin drama yang bagus,yang bisa dimengerti..
    yang didalam drama tersebut terkandung unsur/nilai agama(islam),pendidikan,sosial,budaya,
    please…
    soalnya tnggl seminggu lgi aku ada ujian praktek ni..
    tpi konsep nya aja belum ada,ltihan belum jga..
    please..tolong buatin ya 🙂
    makasih ya,. 😀

  71. permisii . . .
    bisa minta tolong gakk ?
    tolong buatin saya naskah drama tentang persahabatan dong ,
    terdiri dari 7 orang
    4 cewe 3 cowo . . .
    makasiih

  72. kak,bisa contohin naskah drama buat 10 orang? mengenai negeri dongeng atau apalah, yang penting gampang dilakonkan sama cepat, yang tokohnya perempuan semua.tolong soalnya sebentar lagi lomba drama.makasih

  73. Maap.. saia adalah seorang penggemar drama theater!!
    kebetuylan saat ini dio sekolah saia sedang diadakan spontanitas drama.. sai bermaksud mewakilkan diri,tapi saia masih binggung untuk membuat teks dramanya! saia minta tolong, buatkan contoh teks drama tema persahabatan remaja yg di dalamnya berisi konflik (permusuhan,fitnah) serta komedi! trims.. 3 hari lagi saia harus praktek!!

  74. mazz tllongg bbbwwtiin ssaya ccontohh drama tentang perssahabatan….. untuk 4 orang….plleasse……cozz hari senin mau dikumpulkan and praktek deh…..

  75. maz tlonk iia akk buatin nazkah/dialog drama tentang percntaan komedi/ komedi ajha gpp .. yg pnting ada unsur komedi.ny .. n’ pmain.ny 5 orang + 1 prolog . tlonk iiah mazt cpet cz inni buat besok tgl 11/10/11 .. pliz iia mazt
    . nie email facebook akk “meidiana8a_17_bi@yahoo.co.id”&”m31.d14n4@gmail.com”

    . tlonk iiah mazt cpet niie pnting demi nilai akk ..

  76. mas, tolong buatin naskah drama untuk 9 orang cowok, temanya terserah yang penting menarik..
    ok, saya tunggu.. karena ini penting banget untuk

  77. mba ,mas ,tolong buatin saya tugas cerita percakapan donk cerita tentang cerita rakyat tolong banget y coz thue wt penilaiyan saya di sekolah .
    ada 6 orang , 2 cewe 4 cowo .

    = Di Tunggu y = ………

  78. kak tlong buetin drama buat 2 cewe & 3 cowo ya….. plissssssssss…………………….. terserah deh tema ny apa aja
    buat besok…..

    ditunggu ya kak….

  79. bisa gg buatin saya text drama yang bertema persahabatan yang terdiri dari 4 cowok 3 cewek 🙂
    please 🙂
    klo udh kirim di email saya ya . aku tunggu 🙂
    makasih :))

  80. bisa gk buatin drama tentang persahabatan 10 cwek 11 cwok ,
    secepatnya ya , soalnya hari selasa di kumpulkan , maksih .
    kirim ke email saya ya 🙂

  81. mas atau kak , bisa minta tolong buatin naskah drama tentang percintaan gak ? pemerannya 8 orang 3 cowok 5 cewek ada prolog , epilog nya juga durasi paling cepat 15 menit , tolong kirim cepat ya mas atau kak ? soalnya minggu depan saya mau tampil ( ujian praktik )
    fajar_mahendracool@yahoo.com

  82. kakak bisa g buatin drama lucu tetapi mempuyai nilai moral yg tinggi di dlm drma tersebut utk 10 orang
    tolng buatin ia kk krna waktuy 2 hr lg

  83. MAS TLG ABNTU SAYA BUATKAN NASKAH DIALOG PEBDEK SEDERHANA UNTUK 5 ORANG UNTUK ANAK PAUD YANG KALAU BISA KIRIM LEWAT EMAIL OR TELP Q (089679370033) THANKS SO MUCH……
    taK TUNGGU CEPAT YA MAS

  84. mas tolong bantuin saya donk pliis.a . buatin drama 10 orang . 6 cewe , 4 c0wo .. tentang percintaan di sekolah ….. ya mas plliisss .. bantuuuin saya , saya sangat membutuh kan , untuk nambah nilai ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s